KEBUMEN – HUMAS – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen resmi meluncurkan inovasi layanan publik berbasis CERIA (Cepat, Efektif, Responsif, Inovatif, dan Akuntabel) dalam kegiatan Apel Pagi, Senin, 21 Juli 2025 di halaman kantor setempat.
Peluncuran ini menjadi bagian dari proyek perubahan Kepala Subbagian Tata Usaha, H. Makruf Widodo, yang tengah mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan XXVII di Balai Diklat Keagamaan Semarang.
Sebagai pembina apel, H. Makruf Widodo menyampaikan pentingnya transformasi layanan publik untuk menjawab tantangan zaman digital yang menuntut kecepatan, keterbukaan, dan inovasi.
“Saya memilih akronim CERIA ini dengan maksud agar pelayanan yang kita berikan ke masyarakat bisa dilakukan dengan ceria. Karena menurut saya ceria itu menggambarkan semangat, ramah, cepat, dan responsif,” ujarnya.
Ia menjelaskan, gagasan CERIA lahir dari evaluasi terhadap berbagai permasalahan pelayanan publik di Kemenag Kebumen, serta masukan dari masyarakat. Melalui pendekatan CERIA, diharapkan kualitas layanan semakin baik dan berdampak langsung bagi masyarakat.
Salah satu inovasi unggulan yang diluncurkan adalah Chatbot Layanan Otomatis bernama Info Layanan Ceria Kemenag Kebumen, yang dapat diakses melalui nomor WhatsApp resmi kantor yakni 0856-4326-7625. Masyarakat tinggal ketik “Info” dan mengikuti petunjuknya maka kebutuhan informasinya terlayani secara otomatis. Layanan ini dirancang untuk mempermudah akses informasi secara cepat dan praktis, kapan saja dan di mana saja.
Lebih lanjut, H. Makruf menegaskan bahwa transformasi digital ini bukan sekadar soal teknologi, tetapi wujud komitmen ASN Kemenag Kebumen dalam memberikan pelayanan yang profesional.
Lebih lanjut Makruf menegaskan bahwa pelayanan digital ini bukan sekadar aplikasi, tetapi cerminan dari semangat seluruh ASN untuk bertransformasi menjadi pelayan publik yang profesional. Ia juga mengajak seluruh jajaran untuk merawat semangat perubahan ini secara konsisten demi memberikan layanan yang terbaik bagi masyarakat.
“Setiap ASN adalah pelayan masyarakat. Maka sudah seharusnya kita melayani dengan hati, dengan teknologi, dan tentunya dengan senyum ceria,” tandasnya.
Dengan peluncuran layanan digital berbasis CERIA, Kemenag Kebumen berharap masyarakat bisa merasakan langsung pelayanan yang cepat, mudah, transparan, dan memuaskan. Lebih dari itu, langkah ini juga diharapkan dapat memperkuat posisi Kemenag sebagai instansi yang modern, adaptif, dan selalu hadir menjawab kebutuhan masyarakat zaman kini.(fz).