MTs N 1 Kebumen meraih peringkat 1 hasil Ujian Nasional (UN) tingkat SMP/MTs se Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2018/2019, dengan jumlah nilai 353,044 dari 255 peserta didik. Nilai tertinggi yang dicapai peserta didik MTs N 1 Kebumen, jumlah nilainya 395,5 dengan rata-rata 98.9, kedua dan ketiga jumlahnya 393.5 dengan rata-ratanya 98.4, untuk nama-namanya kita umumkan besok (hari ini-red) karena aturanya begitu. Untuk peringkat 1 hasil UN SMP/MTs tahun pelajaran 2018/2019 tingat kabupaten, ini tahun kedua, tahun lalu di tahun pelajaran 2017/2018 kita juga meraih tingkat 1, demikian penjelasan Salim Wazdy, S.Ag.,M.Pd. Waka Kurikulum MTs N 1 Kebumen.
Selanjutnya Salim Wazdy menjelaskan MTs N 1 Kebumen juga menjadi peraih nilai sempurna 100 terbanyak yakni 49 peserta didik dengan rincian nilai 100 untuk mata pelajaran matematika sebanyak 45 peserta didik, Bahasa Inggris 3 dan 1 mapel IPA. Kemudian sebanyak 244 peserta didik meraih nilai 98 atau hampir sempurna, dengan rincian, mapel Bahasa Indonesia 29; Bahasa Inggris 22, Matematika 144 dan IPA 49 peserta didik.
Prestasi akademik lainya untuk kelas IX adalah peringkat 1 hasil Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN-BK) MTs Propinsi Jawa tengah. Perolehan Rata-rata mapel Al Quran Hadits 86,82, Fikih 84,32 dan Sejarah Kebudyaan Islam 82,09, dengan 4 peserta didik meraih nilai sempurna, yakni 3 peserta didik mendapat nilai 100 pada mapel Al Quran hadits dan 1 peserta didik pada mapel Fikih.
Sedangkan prestasi non akademik lainnya seluruh peserta didik kelas IX yaitu 255 hafal juz ‘Amma, 170 selain hafal juz ‘Amma juga hafal jus 1 dan 2 serta hafal QS Yasin, Ar Rahman, Al Mulk dan Al Waqi’ah, sedangkan 1 peserta didik atas nama Fikri Sangadah hafal 5 jus plus hal 4 surat tersebut diatas. Kemudian 49 Peserta didik kelas IX juga dinyatakan lulus Madrasah Takmiliyah kelas Wusto dengan membaca Kitab Fathul Qorib, Al Mabadi Al Fiqhiyah jilid 1-3, Durus Al Lughah Al ‘Arabiyah jilid 1 & 2, , Taklim Muta’allim, dan Nahwu Sharaf dasar, juga Hafal Arban An Nawawi. Selain itu juga mampu Hafal Arban An Nawawi berpidato berbahasa Jawa, Inggris dan Arab. Spesialisasi kitab kuning ini menjadi sebagai salah satu referensi keilmuan Islam klasik.
Kepala MTs N 1 Kebumen H Muhamad Siswanto,M.Pd.I., memberikan apresiasi atas prestasi yang diraih oleh para peserta didik. Siswanto menjelaskan bahwa prestasi yang dicapai merupakan keberkahan bagi keluarga besar MTs N 1 Kebumen sebagai hasil belajar yang sungguh-sungguh peserta didik dan kerja telaten Bapak/Ibu Guru yang istiqomah (konsisten) dalam pembimbingan. Siswanto mengatakan perolehan prestasi akademik merupakan upaya madrasah untuk mencapai visi MTs N 1 Kebumen yakni Religius, Cerdas dan Terampil. Visi Religious ditopang dengan mapel PAI yang dirinci dalam 4 mapel dan mapel bahasa Arab. Kemudian ditopang mapel Tahfidz sebagai mulok, kajian kitab kuning, pembiasaan shalat dhuha sudah tidak lagi butuh di perintah atau diabse, pembiasaan baca Al Quran sebelum pelajaran dan Program Islamic Boarding School.
Kemudian Visi Cerdas, persiapan UN secara terstruktur, sistematis dan massif dilakukan sejak semester gasal dengan berbagai inovasi pendampingan pembelajaran, memperkuat latihan soal UN.
Kemudian Visi Terampil, MTs N 1 Kebumen disamping ditopang oleh mapel Prakarya dan Seni Budaya dan Kesenian juga punya progran Pendidikan Teknologi Dasar.
Siswanto juga menjelaskan untuk Penerimaan Peserta Didik Baru, MTs N 1 Kebumen melalui dua model yakni jalur prestasi dengan test tertulis dan wawancara yang prosesnya sudah dimulai 2 Mei 2019 dan berakhir 22 Mei 2019 dengan mendasarkan pada SK Dirjen Pendidikan Islam nKementerian Agama RI nomor 631 tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru RA, MI, MTs, MA dan MAK tahun pelajaran 2019/2020. Kedua program reguler memadukan SK Dirjend Pendis dan SE Bupati nomor 421/1429: Pedoman Peserta Didik Baru. Kebijakan waktu pendaftaran mengikuti SE Bupati yakni tanggal 24 – 27 Juni 2019 sedangkan lainnya mengikuti SK Dirjend Pendis, yang antara lain tidak menggunakan sistem Zonasi.