Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen //Kami Tolak Pungli || ZONA INTEGRITAS || Kementerian Agama Kabupaten Kebumen menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) || Selamat Datang di Website Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen ||

Sukseskan ANBK PKPPS, Kemenag Kebumen Matangkan Persiapan

2021-09-27 14:06:23

Kebumen - Menindaklanjut surat Direktur Jenderal Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama RI, Waryono, Nomor : B-2579.I/DJ.I/Dt.I.V/HM.01/08/2021 tanggal 18 Agustus 2021 perihal Persiapan Pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) Pada Satuan Pendidikan Pondok Pesantren Tahun 2021, Kemenag Kebumen melakukan kunjungan ke pondok pesantren Nurul Hidayah dan Madrasah Aliyah Maarif 1 Kebumen, Senin (27/09/2021). Hal itu dilakukan dalam rangka mematangkan persiapan kegiatan tersebut agar berlangsung dengan sukses.

Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag Kebumen, Makruf Widodo, mengatakan “Kunjungan ke pondok pesantren Nurul Hidayah Bandung ini kami lakukan  dalam rangka melihat kesiapan 50 santri peserta Asessmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah (ANBK PKPPS) tingkat Wustho/setingkat Tsanawiyah,” terangnya.

ANBK PKPPS di Kebumen akan diikuti 50 santri tingkat wustha Ponpes Nurul Hidayah. Pelaksanaan ANBK akan diselenggarakan sesuai panduan dan jadwal dari Kemdikbud RI yakni tanggal 4 – 7 Oktober 2021.

Selain ke Ponpes Nurul Hidayah, Makruf Widodo juga melakukan kunjungan Koordinasi dengan Muhdir selaku Kepala MA-PK Maarif 1 Kebumen. Menurutnya hal ini perlu dikoordinasikan Kemenag mengingat ponpes nurul hidayah belum mempunyai laboratorium computer sendiri dan pada pelaksanaan ANBK nanti membutuhkan perangkat komputer yang memadai.

“Karena ponpes Nurul Hidayah belum mempunya fasilitas laboratorium komputer,  maka tempat pelaksanaan ANBK PKPPS direncanakan akan menumpang di MA-PK Maarif 1 Kebumen,” ujar Makruf Widodo.

Makruf Widodo menambahkan, “Penyelenggaraan Assesmen Nasional Pondok Pesantren merupakan salah satu langkah evaluasi pemerintah yang bertujuan untuk melakukan pemetaan mutu sistem pendidikan dan perbaikan mutu pembelajaran. Semoga kegiatan ini berlangsung lancar dan sukses,” tutupnya.(fz).