Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen //Kami Tolak Pungli || ZONA INTEGRITAS || Kementerian Agama Kabupaten Kebumen menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) || Selamat Datang di Website Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen ||

MAN 1 Kebumen Gelar Webinar Geopark

2021-10-17 09:24:12

Kebumen - Kabupaten kebumen memiliki keindahan dan sumber daya alam yang luar biasa. Salah satu keindahan alam yang menjadi daya tarik sebagai daerah kunjungan wisata sekaligus belajar adalah Geopark Nasional Karangsambung Karangbolong (GNKK). 

Wisata belajar yang dikenal dengan GNKK ini menyandang status sebagai geopark nasional sejak Oktober 2018 dengan bentang alam karst di atas lantai samudra purba. Keunikan GKK sangat menarik untuk dipelajari karena sejarah geologinya mencakup enam periode dengan kelengkapan batuan dan panorama alamnya.

Sebagai warga Kabupaten Kebumen kita sangat bangga memiliki keunggulan alam yang luar biasa dan terkenal hingga luar negeri sebagai laboratorium Geologi terlengkap. Keindahan dan keunikan GNKK inilah yang menggugah panitia Bulan Bahasa MAN 1 Kebumen Tahun 2021 menyelenggarakan “Webinar Geopark” Sabtu, (16/10). 

Webinar dilaksanakan di GOR MAN 1 Kebumen dan diikuti oleh sekitar 60 peserta dari perwakilan kelas dengan protokol kesehatan yang ketat. Sedangkan peserta didik dan warga madrasah yang lainnya mengikuti kegiatan ini melalui Channel Youtube MAN 1 Kebumen secara Live Streaming.

H. Sodikun, Kepala MAN 1 Kebumen menjelaskan, kegiatan webinar ini bertujuan untuk mengenalkan  GNKK yang saat ini sedang diupayakan oleh Pemerindah Daerah Kabupaten Kebumen menjadi Unesco Global Geoprak.

Dengan kegiatan ini, H. Sodikun berharap peserta didik MAN 1 Kebumen semakin bangga dengan keindahan dan keunikan sumber daya alam Kabupaten Kebumen. Sejarah geologi yang dimiliki Kabupaten Kebumen secara tidak langsung akan menambah gairah belajar peserta didik khususnya dalam bidang geologi dan mengkorelasikannya dengan bidang ilmu atau mata pelajaran yang lain seperti Qur'an Hadits, Tafsir Qur'an, Geografi, Biologi, Sosiologi, Sejarah, Antropologi, dan Ekonomi.

Dalam kesempatan yang berbahagia tersebut H. Sodikun selaku Kepala MAN 1 Kebumen dan H. Junaedi Fathurahman selaku ketua harian badan pengelola GNKK menandatangani MoU / kerjasama yang bertujuan untuk peningkatan pembelajaran.

Salah satu narasumber webinar yang merupakan tenaga ahli dari GNKK, Chusni Ansori menyampaikan materi yang bertema Tadabur Alam. Dia mengetengahkan suatu prinsip bahwa memandang alam akan membuat kita (geowisatawan) lebih takjub dan menghargai alam. Jadi kita pun sebagai orang awam harus bisa memandang alam dengan sudut pandang keilmuan, karena hal ini bisa mewujudkan rasa takjub sebagai manifestasi rasa syukur pada ciptaanNya, sehingga  kita lebih bisa menghargai alam.

“Manusia itu diciptakan untuk menjadi khalifah yang selalu menjaga alam dan mencintai alam”, tegasnya.

Kegiatan yang dilaksanakan dengan dialog interaktif sangat menarik bagi peserta. Narasumber mengajak peserta belajar secara langsung melalui foto dan video yang ditampilkan pada LCD. Peserta seperti diajak berwisata dan belajar tentang sejarah geologi di Kabupaten Kebumen. (fz/tt).